Tunggulwulung Gelar Pilkades PAW Pertama, Pemenangnya Ini

Tahun ini ada enam desa di Kabupaten Pasuruan yang menggelar pilkades pergantian antar waktu (PAW). Enam desa tersebut berada di lima kecamatan. Kemarin (11/4) pilkades PAW pertama kali digelar di Desa Tunggulwulung, Kecamatan Pandaan.

Pantauan media ini, jalannya pilkades PAW di desa ini, mendapat pengamanan dari puluhan personel TNI dan Polri. Aparat standby di lokasi untuk mengamankan kegiatan yang berlangsung.

Pelaksanaan pilkades Tunggulwulung, menerapkan prokes. Semua perwakilan warga, juga tamu undangan, wajib pakai masker, cuci tangan dan masuk melewati bilik disinfektan.

“Pilkades PAW Desa Tunggulwulung ini untuk mengisi kursi kades yang kosong. Karena kades sebelumnya Hartono, menjabat periode 2017–2023 di tengah masa jabatannya meninggal dunia, tahun kemarin,” tutur Camat Pandaan Yudianto.

Untuk pilkades PAW Desa Tunggulwulung, sejatinya diikuti 151 orang memiliki hak suara. Mereka merupakan perwakilan dari lima dusun yang ada. Dari jumlah tersebut, enam orang didapati tidak hadir karena berhalangan.

Usai pembukaan, langsung dilakukan musdes lebih dahulu, yang dipimpin langsung ketua BPD. Saat ditawarkan musyawarah, para perwakilan warga spontan sepakat dilakukan pemungutan suara. Nah, untuk calonnya ada tiga orang. Masing-masing Agung Fathur Rahman, Mukhamad Sihabudin dan Heriyanto.


TIGA CALON: Proses penghitungan suara pilkades di Tunggulwulung yang digelar kemarin. Pilkades tersebut memilih kades untuk jabatan hingga tahun 2023 mendatang. (Foto: Rizal F Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)
“Meskipun ada enam perwakilan warga berhalangan hadir, jumlahnya telah memenuhi quorum dan pilkades PAW tetap bisa digelar. Di awal BPD menawarkan dulu musyawarah dalam musdes, tapi menolak dan menginginkan pemungutan suara. Akhirnya ditempuh dengan pemilihan,” bebernya.

Sehingga pemungutan suara hanya diikuti 145 orang sebagai perwakilan masing-masing dusun, yang sudah ditetapkan. Proses pemungutan tentunya berjalan singkat. Di akhir penghitungan, calon kades Agung Fathur Rohman meraih 103 suara, disusul Heriyanto dan Mukhamad Sihabudin masing-masing dapat 19 dan 9 suara saja.

Walau begitu, ada suara tidak sah dalam proses pemungutan suara berlangsung. Jumlahnya hanya sedikit, yakni 14 suara.

“Terpilih dalam Pilkades PAW Tunggulwulung adalah Agung Fathur Rohman. Selanjutnya akan menjabat sebagai kades definitif hingga 2023 mendatang. Pascapilkades PAW segera kami usulkan proses pelantikannya ke Bupati Pasuruan,” kata kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pasuruan Nurul Huda yang ditemui media ini di Balai Desa Tunggulwulung.

Berita Terkait

Ngambek, Warga Pandaan Nekat Panjat Tower Seluler

Warga Dusun Kwangen, Desa Plintahan, Kecamatan Pandaan dibuat gempar, Jumat sore (4/6). Ini setelah seorang lelaki nekat panjat tower seluler setinggi 72 meter.

Orang yang nekat itu adalah FrendiRead More

Hujan Lebat Tanah Longsor Terjadi di Desa Sebani

Tanggal 25 April 2021 di Dusun Sebani Desa Sebani telah terjadi bencana alam longsor yang menutupi saluran air irigasi persawahan sepanjang 25 (Dua Puluh Lima) Meter, oleh karena tanah sudah lapuk.Read More

Tarawih di Masjid Cheng Hoo Pandaan; Durasi Dipersingkat-Jaga Jarak

Masjid Muhammad Cheng Hoo, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, masih tetap menggelar salat tarawih berjamaah sekaligus tadarus Alquran. Namun, adanya pandemi korona membuat jamaah harus menjagaRead More

No Comments

Tuliskan Komentar